Pemanfaatan Program PowerPoint Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Prestasi Belajar.


Berdasarkan penelitian kuantitatif di Kota Madiun dengan tujuan: 1) Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika; 2) Untuk mengetahui pengaruh antara gaya belajar belajar matematika; dan 3) Untuk mengetahui interaksi antara pembelajaran gaya belajar siswa ditinjau dari prestasi belajar matematika. Pada penelenitian ini dikenal dua macam pembelajaran yaitu pembelajaran pengembangan dan pembelajaran konvensional. Pembelajaran pengembangan adalah pembelajaran yang menggunakan PowerPoint sedangkan pembelajaran konvensional adalah pembelajaran yang tidak menggunakan PowerPoint. Selain media, pendidik diharapkan untuk memperhatikan karakteristik seperti gaya belajar dominan yang dimiliki siswa. Gaya belajar tersebut meliputi visual, auditorial, dan kinestetik.

Berdasarkan cluster random sampling diperoleh SDN 02 Taman dan MI Bakti Ibu sebagai kelas kontrol, SDN 03 Kanigoro dan SDK Santo Yusuf sebagai kelas eksperimen. Uji keseimbangan berdasarkan pokok bahasan berhitung menunjukkan bahwa kelas kontrol dan kelas eksperimen seimbang. Uji coba instrumen angket gaya belajar dan tes hasil belajar pecahan pada tahap pertama dilakukan di SDN 01 Patihan dan pada tahap kedua di MI Fathul Ulum. Angket gaya belajar yang memiliki validitas, reliabilitas, dan konsistensi internal yang baik digunakan untuk penelitian. Tes hasil belajar yang memiliki validitas, reliabilitas, daya beda, dan tingkat kesulitan baik digunakan untuk penelitian.

Materi penelitian adalah pokok bahasan pecahan.

Hasil penelitian ini adalah :

  1. Pembelajaran dengan menggunakan program PowerPoint lebih baik daripada pembelajaran tanpa menggunakan program PowerPoint;
  2.  Pada pembelajaran konvensional, gaya belajar siswa tidak mempengaruhi prestasi belajar matematika;
  3.  Pada pembelajaran dengan menggunakan program PowerPoint, gaya belajar mempengaruhi prestasi belajar dimana prestasi siswa auditorial dan kinestetik adalah sama dan prestasi siswa siswa visual lebih baik daripada keduanya;
  4.  Dengan adanya pembelajaran dengan pemanfaatan PowerPoint, prestasi siswa visual dan kinestetik adalah sama dan keduanya lebih baik daripada prestasi siswa auditorial; 5)Macam pembelajaran tidak mempengaruhi prestasi belajar siswa visual dan kinestetik namun pada siswa auditorial pembelajaran dengan pemanfaatan program PowerPoint lebih baik daripada pembelajaran tanpa pemanfaatan program PowerPoint.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s