Tips Mengerjakan Soal Matematika

Meskipun nilai matematika saya cuman 2.05, saya punya trik untuk mengerjakan soal matematika. Dan trik ini belum saya coba. Saya dulu waktu ujian matematika, tidak mngerjakan soal dengan trik yang baru ketemu sekarang. Saya cenderung kasih dobel banyak jawaban. Biar komputernya bingung. Tapi ternyata tidak juga. Malahan saya yang bingung! Lha wong matematika kok dapat 2.05? mungkin trik ini perlu untuk dicoba.

  1.   dalam mengahdapi soal, usahakan untuk tidak panic. bila panic maka pikiran tidak tenang sehingga tidak bisa berkonsentrasi mengerjakan soal.
  2. bila sudah panic duluan, tahan nafas, lima detik. Kemudian pejamkan mata, lalu mulai atur nafas pelan-pelan. Usahakan untuk konsentrasi terhadap soal. Pada hitungan kesepuluh buka mata dan mulailah kerjakan soal. Menurut saya, ini adalah terapi untuk melatih konsentrasi.
  3. usahakan jangan memperhatikan teman yang ada disekitar kita. Itu akan memancing teman yang ada disekitar kita untuk meminta   bantuan jawaban kepada kita. Hal itu berisiko, pengawas ujian bisa menganggap kita menyontek padahal kita tidak melakukannya. Biar dibilang sombong juga tidak apa. Toh juga untuk kebaikan bersama.
  4. kalo tidak bisa menjawab, jangan sekali-sekali bertanya kepada teman atau menyontek jawaban orang lain. Karena akan membuat suasana menjadi gaduh. Sehingga menarik perhatian pengawas. Dan anda bisa dikeluarkan untuk tidak mengikuti ujian. Kerugian pada anda sendiri.
  5. jangan menyontek! Hal ini bisa mempengaruhi konsentrasi untuk mengerjakan soal. Masalahnya kita akan selalu berusaha mencuri kesempatan dimana pengawas ujian bisa lengah. Sehingga konsentrasi mengerjakan soal berkurang. Perlu anda ketahui juga, pengawas pernah smu, sehingga tehnik menyontek anda paling tidak pernah ia coba.
  6. hadapi soal dengan tenang. Dan milikilah mental juara, itu akan meningkatkan konsentrasi dalam mengerjakan soal.
  7. jangan pernah menerima jawaban dari pengawas yang asalnya dari sekolah lain. Kemungkinan jawaban yang diberikan bersifat menyesatkan siswa karena ada unsur kompetisi atau persaingan sekolahan.
  8. untuk soal pilihan ganda, kerjakan soal yang dianggap paling mudah. Kalo tidak bisa jangan sampai kosong. Sisanya isi saja dengan A semua, atau B semua atau C, D atau E. Misalnya, jika yang bisa cuman separo, dan yakin itu benar, maka yang separo isi saja dengan A semua atau B, C, D atau E. Jawaban tersebut, pasti ada beberapa yang benar (nyangkut). Nah…nilai akan lebih dari separo ditambah beberapa yang nyangkut.
  9. jangan sekali-sekali memanipulasi lembar jawaban dengan menggosok lilin pada lembar jawaban, menjawab ganda, memberi kode tertentu. Perlu anda sadari, bahwa teknologi yang digunakan untuk mengoreksi saat ini telah berkembang dengan pesat. Hal-hal seperti itu sudah diperhitungkan oleh para ahli yang merancangnya. Oleh karena itu, tindakan-tindakan tersebut termasuk tindakan konyol.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s